Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Teknologi Komunikasi dan Informasi
Dosen Pengampu: Muhammad Chodzirin, M.Kom
Disusun Oleh:
Ika Fatmalasari (1401016007)
Dhiajeng Auliana Art (1401016010)
Alfanita Nur Mukhlisoh (1401016021)
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2017
I.
PENDAHULUAN
Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi yang
berkembang saat ini, salah satunya adalah blog yang merupakan salah satu situs
di internet.Padahal, blog telah menjadi media alternatif yang semakin populer
di internet. Blog tidak hanya digunakan sebagai buku harian, namun telah
diterapkan untuk periklanan, berita, media informasi.[1]
Adapula yang menggunakannya sebagai media Bisnis, Seni, Film, dan
lain sebagainya, tergantung pada yang menggunakannya. Dalam hal ini blog
sebagai aplikasi web bisa sangat luas artinya dan sangat luas juga fungsinya.
Blog adalah singkatan dari weblog. Blog yakni jenis situs web yang
dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak
(software) online atau Platform host yang sangat mudah pengguna,dengan ruang
untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik
untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.[2]
II.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa
pengertian manajemen blog?
2.
Apa
saja manfaat dari manajemen blog?
3.
Siapa
yang menjadi sasaran dalam manajemen blog?
4.
Apa
saja fungsi dari manajemen blog?
5.
Bagaimana
memanajemen blog?
III.
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
Manajemen dilihat dari bahasanya berasal dari bahasa Inggris management.
Semula bahasa Italia manaj(iare), bersumber dari bahasa latin mamis,
artinya tangan. Management atau Manaj(iare), berarti memimpin,
membimbing dan mengatur. Sedangkan, definisi menurut Henry Fayol mengenai
manajemen ialah proses menginterpretasikan, mengkoordinasikan sumber daya,
sumber dana dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai tujuan dan sasaran melalui
tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan
penilaian.[3]
Blog adalah bentuk aplikasi web. Pada dasarnya merupakan bagian
dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama
yakni memuat tulisan-tulisan, video, musik dan gambar (dimuat dalam posting)
pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian
lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si
pengguna blog tersebut.[4]
Dalam hal ini, dapat disimpulkan manajemen blog merupakan
pengaturan atau pengelolaan terhadap karya, bisnis maupun tulisan oleh pengguna
blog yang di publikasikan secara online di dalam blog yangmana, bertujuan untuk
mengajak publik untuk membaca maupun membeli produk yang di tampilkan dan
memberikan umpan balik sebagai komentar.
2.
Manfaat
Berikut ini adalah macam-macam manfaat yang dapat diperoleh dalam
manajemen blog, yakni;
1.
Membantu
untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional,
dan efektif.
2.
Mendapatkan
hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh.
3.
Memudahkan
kita untuk menyajikan sesuatu, baik karya sendiri, karangan maupun produk.[5]
4.
Melatih
dan mengembangkan kreativitas dan inovatif seorang blogger.
3.
Sasaran
Terkait dengan manajemen blog sasaran yang dituju adalah pengunjung
blog. Karena, dengan hal itu dapat diketahui seberapa populer, seberapa
bermanfaat dan seberapa peminatnya, blog yang telah Anda buat untuk para
pengunjung blog atau pengguna internet.
4.
Fungsi
Berikut ini adalah fungsinya;
1.
Perencanaan
(Planning)
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi
kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang
tepat untuk mewujudkan target dan tujuan, menetapkan tujuan dan target, merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target, serta menentukan sumber-sumber daya
yang diperlukan.
2.
Mendesain
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah
dirumuskan dalam perencanaan kemudian didesain sebaik mungkin yangmana
bertujuan untuk menarik pengunjung dan juga tentunya bermanfaat.
3.
Pengawasan
(Controling) dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian yang telah
direncanakan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun
berbagai perubahan terjadi. Kemudian, mengevaluasi keberhasilan dalam
pencapaian tujuan dan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, mengambil
langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan, kesalahan maupun kekurangan
yang mungkin ditemukan,melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai
masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target.
5.
Memanajemen Blog
Berikut ini ada beberapa langkah-langkah dalam memanajemen blog;
1.
Fokus
pada tujuan khususnya bagi para pemula membuat blog yakni bagaimana caranya
membuat artikel yang bagus yang bermanfaat dan sering banyak di cari pengguna
di internet. Bukan sekedar memikirkan cara menghasilkan uang dengan cepat
melalui blog.
2.
Topik
pembahasan, yakni pilihlah tema yang sesuai dengan skill yang Anda miliki
sehingga, menjadi mudah untuk membuat maupun menyusunnya, tidak merasa
membebankan. Dalam topic pembahasan usahakan untuk tidak membahas berbagai
topik karena, sangat sulit untuk menaikkan sebuah peringkat web Anda di google.
3.
Memilih
tampilan blog (template), buatlah tampilan semenarik mungkin, dan jangan
sampai Anda merubah rubah tampilan blog di saat anda sudah mulai berjalan
membuat artikel, apalagi kalo artikel sudah banyak. Karena akan berdampak buruk
pada peringkat artikel Anda. Tetap fokus pada tujuan dan topik.
4.
Bersifat
konsisten, yakni konsisten dan keteraturan dalam membuat postingan artikel. Jika
kita tidak konsisten, google mungkin mengenal situs kita cuma sekilas saja.
Sedangkan, blogger se-dunia itu jumlahnya jutaan. Jadi, Google akan lebih kenal dengan situs web yang sering
konsisten membuat postingan artikel tersebut. Logikanya di dalam suatu
pekerjaan dalam bekerja di perusahaan, perusahaan tersebut pun butuh beberapa
karyawan yang kerjanya bagus, rajin dan konsisten. Jadi atasan pihak managger
perusahaan tempat kita kerja pun akan lebih kenal dengan kita yang rajin,
kerjanya bagus, serta konsisten dalam bekerja. Intinya begitu jikalau di
jabarkan dalam kegiatan kehidupan sehari hari.
5.
Hiraukan
trafik blog bagi pemula, karena berdampak pada semangat Anda dalam membuat
blog. Tetaplah fokus membuat artikel terlebih dahulu, yang bagus dan
berkualitas serta bermanfaat, jangan fikirkan trafik dulu.
IV.
KESIMPULAN
Manajemen blog merupakan pengaturan atau pengelolaan terhadap
karya, bisnis maupun tulisan oleh pengguna blog yang di publikasikan secara
online di dalam blog yangmana, bertujuan untuk mengajak publik untuk membaca
maupun membeli produk yang di tampilkan dan memberikan umpan balik sebagai
komentar. Dalah hal ini terdapat manfaat yang dapat diperoleh yakni; membantu
untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional,
dan efektif; mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh;
memudahkan kita untuk menyajikan sesuatu, baik karya sendiri, karangan maupun
produk, melatih dan mengembangkan kreativitas dan inovatif seorang blogger.
Sasarannya ialah para pengunjung blog atau pengguna internet.
Kemudian, fungsi dari manajemen blog antara lain; perencanaan (Planning),
desain dan pengawasan (Controling) serta pengendalian. Berikut
ini adalah langkah-langkah dalam memanajemen blog yakni; fokus pada tujuan,
fokus pada satu topik pembahasan, memilih tampilan blog (template)
buatlah tampilan semenarik mungkin, bersifat konsisten juga teratur, dan
terakhir hiraukan trafik blog bagi pemula.
DAFTAR
PUSTAKA
Rachmad Hakim S.Cara Cerdas Mengelola Blog.Media
Komputindo.
Gween Solomon,lynne Scrum,Web 2.0 Panduan bagi para
pendidik.Jakarta:PT indekx,2011)
Totok Djurot. Manajemen Penerbitan
Pers.2004.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
(diakses pada tanggal 7 Mei 2017 pukul 10.00 WIB)
https://www.sayanda.com/pengertian-manajemen/ (diakses pada tanggal 7 Mei 2017 pukul 10.00 WIB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar