Rabu, 17 Mei 2017

Makalah Manajemen Blog







MANAJEMEN BLOG

Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Teknologi Komunikasi dan Informasi
Dosen Pengampu: Muhammad Chodzirin, M.Kom


Disusun Oleh:
Ika Fatmalasari                        (1401016007)
Dhiajeng Auliana Art              (1401016010)
Alfanita Nur Mukhlisoh          (1401016021)


FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG

2017










I.              PENDAHULUAN
Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi yang berkembang saat ini, salah satunya adalah blog yang merupakan salah satu situs di internet.Padahal, blog telah menjadi media alternatif yang semakin populer di internet. Blog tidak hanya digunakan sebagai buku harian, namun telah diterapkan untuk periklanan, berita, media informasi.[1] Adapula yang menggunakannya sebagai media Bisnis, Seni, Film, dan lain sebagainya, tergantung pada yang menggunakannya. Dalam hal ini blog sebagai aplikasi web bisa sangat luas artinya dan sangat luas juga fungsinya.
Blog adalah singkatan dari weblog. Blog yakni jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau Platform host yang sangat mudah pengguna,dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.[2]


II.           RUMUSAN MASALAH
1.    Apa pengertian manajemen blog?
2.    Apa saja manfaat dari manajemen blog?
3.    Siapa yang menjadi sasaran dalam manajemen blog?
4.    Apa saja fungsi dari manajemen blog?
5.    Bagaimana memanajemen blog?


III.        PEMBAHASAN
1.      Pengertian
Manajemen dilihat dari bahasanya berasal dari bahasa Inggris management. Semula bahasa Italia manaj(iare), bersumber dari bahasa latin mamis, artinya tangan. Management atau Manaj(iare), berarti memimpin, membimbing dan mengatur. Sedangkan, definisi menurut Henry Fayol mengenai manajemen ialah proses menginterpretasikan, mengkoordinasikan sumber daya, sumber dana dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai tujuan dan sasaran melalui tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan penilaian.[3]
Blog adalah bentuk aplikasi web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama yakni memuat tulisan-tulisan, video, musik dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.[4]
Dalam hal ini, dapat disimpulkan manajemen blog merupakan pengaturan atau pengelolaan terhadap karya, bisnis maupun tulisan oleh pengguna blog yang di publikasikan secara online di dalam blog yangmana, bertujuan untuk mengajak publik untuk membaca maupun membeli produk yang di tampilkan dan memberikan umpan balik sebagai komentar.
2.      Manfaat
Berikut ini adalah macam-macam manfaat yang dapat diperoleh dalam manajemen blog, yakni;
1.      Membantu untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.
2.      Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh.
3.      Memudahkan kita untuk menyajikan sesuatu, baik karya sendiri, karangan maupun produk.[5]
4.      Melatih dan mengembangkan kreativitas dan inovatif seorang blogger.
  
3.      Sasaran
Terkait dengan manajemen blog sasaran yang dituju adalah pengunjung blog. Karena, dengan hal itu dapat diketahui seberapa populer, seberapa bermanfaat dan seberapa peminatnya, blog yang telah Anda buat untuk para pengunjung blog atau pengguna internet.
4.      Fungsi
Berikut ini adalah fungsinya;
1.      Perencanaan (Planning)
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan, menetapkan tujuan dan target, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target, serta menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.
2.      Mendesain
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan kemudian didesain sebaik mungkin yangmana bertujuan untuk menarik pengunjung dan juga tentunya bermanfaat.
3.      Pengawasan (Controling) dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi. Kemudian, mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan, kesalahan maupun kekurangan yang mungkin ditemukan,melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target.
5.      Memanajemen Blog
Berikut ini ada beberapa langkah-langkah dalam memanajemen blog;
1.      Fokus pada tujuan khususnya bagi para pemula membuat blog yakni bagaimana caranya membuat artikel yang bagus yang bermanfaat dan sering banyak di cari pengguna di internet. Bukan sekedar memikirkan cara menghasilkan uang dengan cepat melalui blog.
2.      Topik pembahasan, yakni pilihlah tema yang sesuai dengan skill yang Anda miliki sehingga, menjadi mudah untuk membuat maupun menyusunnya, tidak merasa membebankan. Dalam topic pembahasan usahakan untuk tidak membahas berbagai topik karena, sangat sulit untuk menaikkan sebuah peringkat web Anda di google.
3.      Memilih tampilan blog (template), buatlah tampilan semenarik mungkin, dan jangan sampai Anda merubah rubah tampilan blog di saat anda sudah mulai berjalan membuat artikel, apalagi kalo artikel sudah banyak. Karena akan berdampak buruk pada peringkat artikel Anda. Tetap fokus pada tujuan dan topik.
4.      Bersifat konsisten, yakni konsisten dan keteraturan dalam membuat postingan artikel. Jika kita tidak konsisten, google mungkin mengenal situs kita cuma sekilas saja. Sedangkan, blogger se-dunia itu jumlahnya jutaan. Jadi, Google akan lebih kenal dengan situs web yang sering konsisten membuat postingan artikel tersebut. Logikanya di dalam suatu pekerjaan dalam bekerja di perusahaan, perusahaan tersebut pun butuh beberapa karyawan yang kerjanya bagus, rajin dan konsisten. Jadi atasan pihak managger perusahaan tempat kita kerja pun akan lebih kenal dengan kita yang rajin, kerjanya bagus, serta konsisten dalam bekerja. Intinya begitu jikalau di jabarkan dalam kegiatan kehidupan sehari hari.
5.      Hiraukan trafik blog bagi pemula, karena berdampak pada semangat Anda dalam membuat blog. Tetaplah fokus membuat artikel terlebih dahulu, yang bagus dan berkualitas serta bermanfaat, jangan fikirkan trafik dulu.


IV.        KESIMPULAN
Manajemen blog merupakan pengaturan atau pengelolaan terhadap karya, bisnis maupun tulisan oleh pengguna blog yang di publikasikan secara online di dalam blog yangmana, bertujuan untuk mengajak publik untuk membaca maupun membeli produk yang di tampilkan dan memberikan umpan balik sebagai komentar. Dalah hal ini terdapat manfaat yang dapat diperoleh yakni; membantu untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif; mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh; memudahkan kita untuk menyajikan sesuatu, baik karya sendiri, karangan maupun produk, melatih dan mengembangkan kreativitas dan inovatif seorang blogger. Sasarannya ialah para pengunjung blog atau pengguna internet.
Kemudian, fungsi dari manajemen blog antara lain; perencanaan (Planning), desain dan pengawasan (Controling) serta pengendalian. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memanajemen blog yakni; fokus pada tujuan, fokus pada satu topik pembahasan, memilih tampilan blog (template) buatlah tampilan semenarik mungkin, bersifat konsisten juga teratur, dan terakhir hiraukan trafik blog bagi pemula.




DAFTAR PUSTAKA
Rachmad Hakim S.Cara Cerdas Mengelola Blog.Media Komputindo.
Gween Solomon,lynne Scrum,Web 2.0 Panduan bagi para pendidik.Jakarta:PT indekx,2011)
Totok Djurot. Manajemen Penerbitan Pers.2004.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html (diakses pada tanggal 7 Mei 2017 pukul 10.00 WIB)
https://www.sayanda.com/pengertian-manajemen/ (diakses pada tanggal 7 Mei 2017 pukul 10.00 WIB)





[1] Rachmad Hakim S.Cara Cerdas Mengelola Blog.Media Komputindo.
[2] Gween Solomon, lynne Scrum, Web 2.0 Panduan bagi para pendidik (Jakarta : PT indekx, 2011) hlm. 15
[3] Totok Djurot. Manajemen Penerbitan Pers.2004.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
[4] http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
[5] https://www.sayanda.com/pengertian-manajemen/

Tidak ada komentar: